Kamis, 30 November 2017

BELAJAR ILMU FARMASI DI AKFAR THERESIANA SEMARANG

       Selamat malam,hari ini saya akan bercerita tentang kegiatan saya  selama belajar di AKFAR THERESIANA Semarang.Saya adalah seorang mahasiswa Akfar Theresiana kelas sore progsus,yang bekerja sambil kuliah. Perkuliahan dilaksanakan seminggu tiga kali yaitu pada hari Senin,Rabu ,dan Jumat .Sesuai jadwal tiap hari senin dan jumat ada praktikum tetapi hari rabu cuma teori.
Saat ini saya sudah semester 3,praktikum dalam semester 3 ini antara lain adalah praktikum fitokimia,praktikum biokimia,farmakoterapi ,kimia medisinal,dan teknologi sediaan padat
        Dalam praktikum fitokimia saya belajar tentang senyawa yang terkandung dalam suatu simplisia yang dapat digunakan sebagai obat.Sangat menyenangkan dapat mengetahui senyawa yang terkandung dalam suatu tumbuhan.Dari praktikum fitokimia ini saya bisa mengenal uji identifikasi senyawa pada tumbuhan diantaranya adalah senyawa yang terkandung dalam daun ciplukan adalah senyawa alkaloid.
       Cerita yang lain adalah tentang pratikum teknologi sediaan padat.Dalam pratikum kali ini saya bisa mengetahui cara pembuatan kapsul,tablet,suppositoria.Dalam pembuatan tablet ada metode kempa langsung ,granulasi basah dan granulasi kering.Walaupun tidak semua saya praktekan dan cara kerjanya belum begitu canggih seperti yang dilakukan pada pabrik obat,akan tetapi sudah cukup baik kita bisa mengenal cara pembuatan tablet yang sesuai dengan prosedur cara pembuatan tablet yang benar.Berikut ini adalah gambar tablet dan kapsul yang sudah saya praktikan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar